Sabtu, 30 Agustus 2008

ESQ BERBASIS SPIRITUAL COMPANY: UNTUK KEPENTINGAN SIAPA?

ESQ BERBASIS SPIRITUAL COMPANY: UNTUK KEPENTINGAN SIAPA?

Oleh: Aji Dedi Mulawarman


1. PENDAHULUAN

Model spiritual company saat ini banyak mempengaruhi perusahaan baik Barat maupun Indonesia. Sebut saja model-model Spiritual company dari Zohar dan Marshall dengan Spiritual Capital-nya atau Ari Ginanjar Agustian dengan ESQ-nya. ESQ model Ari Ginanjar Agustian misalnya, tidak jauh berbeda dengan bentuk spiritual company yang ada. Tujuannya sama, yaitu dikembangkan untuk going concernperusahaan dengan mengadaptasi nilai-nilai universal berbagai agama yang memiliki kesamaan dan bersifat langgeng, seperti kejujuran, ketulusan, rendah hati, menghargai harkat kemanusiaan, rela berkorban demi kemashlahatan orang banyak, dan lainnya.

 

2. SPIRITUAL COMPANY SEBAGAI BAHAN DASAR ESQ

Apabila kita merujuk ke majalah SWA No 05/XXIII/1-14 Maret 2007 menyorotispiritual company sebagai topik utamanya, menegaskan bahwa merebaknyaspiritual company di Indonesia merupakan dampak dari perkembangannya di Barat seperti dilakukan oleh UPS, Southwest, Starbucks dan Timberland untuk melanggengkan perusahaan. Diungkapan Prama (SWA 2007, 38) bahwa jika perusahaan ingin sustainable dan berumur panjang, ia harus menganut nilai-nilai spiritual. Dengan begitu, integritasnya akan teruji dan dipercaya mitra bisnisnya.

Pesatnya penggunaan spiritualitas dalam perusahaan disamping untuk mempertahankan kemapanan perusahaan juga dapat memberikan kenyamanan bekerja bagi perusahaan. Kenyamanan karyawan diyakini dapat memberikan pemahaman kepada mereka bahwa bekerja bukan lagi sekedar untuk mencari nafkah atau bersosialisasi, melainkan ingin memberikan sesuatu yang bermakna bagi kehidupan. Mulai dari memberikan makna bagi teman sekerja, perusahaan, pelanggan, pemegang saham, pemerintah, bahkan bagi masyarakat sekitar perusahaan ataupun masyarakat luas (SWA 2007, 37). Pemikiran spiritualitas dalam perusahaan juga diungkapkan oleh Chappell seperti dikutip Brandt (1996), dengan spiritualitas akan memberikan koneksi secara menyeluruh antar personal, kepada perusahaan, komunitas, customers dan alam semesta. Ukuran keberhasilanSpiritual Company menurut Goenawan (2007) adalah karyawan merasa happy;perusahaan menerapkan pemberdayaan karyawan sebagai manusia seutuhnya; perusahaan memiliki integritas tinggi; proses berbagi tidak hanya dengan karyawan dan shareholders saja, melainkan kepada masyarakat , baik melalui program CSR ataupun kontribusi lain. Ujung akhir kepentingan spiritualitas dalam perusahaan menurut tim riset SWA (2007, 39) adalah untuk menghasilkan nilai-nilai organisasi (Value Based Organization) dengan output sebagai berikut:

1.     Menghasilkan perubahan sikap individu (seperti pencarian makna lebih pada pekerjaan pada karyawan, orientasi pada memberi/pelayanan pada orang lain).

2.     Menurunkan praktik penyelewengan dan pelanggaran wewenang (fraud).

3.     Meningkatkan citra/kredibilitas perusahaan di mata stakeholder.

4.     Mendongkrak performa perusahaan secara berkelanjutan. 


Menumbuhkan spiritualitas  dalam perusahaan sebenarnya merupakan mekanisme materialisasi dan spiritualities purposing untuk kepentingan pencapaian keuntungan maupun kebahagiaan. Lihat saja ternyata bentuk tiga level spiritualitas dalam perusahaan diorientasikan mulai pada level pertama, yaitu survival level(tahapan bertahan hidup) untuk meningkatkan keuntungan. Level kedua, ketika perusahaan telah mencapai level pertama, maka perusahaan harus mencapaisuccess level dengan menekankan hubungan (relationship dan networking) serta tumbuh dan berkembang (growing). Level ketiga, yaitu happiness level (level kebahagiaan) dengan cara selalu memberi (giving/services). Artinya spiritualitas dalam perusahaan adalah pendorong nilai moral sebagai penunjang nilai berpikir material untuk meningkatkan kinerja individu dan organisasi (SWA 2007, 36). Berikut ini digambarkan tiga level dalam Spiritual Company:

Gambar 1. Penerapan Nilai-nilai Spiritual dalam Spiritual Company

 


Terlihat jelas bahwa dalam tiga level tersebut nilai-nilai spiritual bukan merupakan aspek yang menjadi values utama, tetapi yang menjadi pola untuk mendapatkan value based organization. Nilai-nilai spiritual memang dipergunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan going concern dan keuntungan perusahaan, bukan spiritualitas perusahaan itu sendiri.


3. IMPLEMENTASI SPIRITUAL COMPANY: PENERAPAN ESQ DI ELNUSA

Implementasi Spiritual Company model ESQ misalnya dilakukan oleh PT. Elnusa. Penerapan ESQ di PT. Elnusa seperti dilansir majalah Human Capital edisi Maret tahun 2005 (http://www.portalhr.com/majalah/edisisebelumnya/strategi/1id155.html) menjelaskan bahwa PT Elnusa selama ini sudah tertuang dalam nilai-nilai perusahaan, yakni clean, respecfull, and synergy. Tiga semboyan itu, menurut Odang Supriatna, HR Manager Elnusa, telah ditanamkan kepada seluruh karyawan. Dengan prinsip itulah Elnusa mencoba mengelola perusahaan secara lebih bersih dan beretika.

Elnusa menurut Odang yang banyak melibatkan subkontraktor dan supplier, Elnusa memang rentan terhadap praktek kolusi, korupsi dan nepotisme. Namun, lanjut Odang, manajemen sudah menetapkan garis batas operasional perusahaan yang secara tegas melarang setiap karyawan menerima komisi dari pihak lain "Di Elnusa sudah tumbuh budaya bahwa menerima komisi merupakan suatu aib yang sangat besar," kata Odang.

Berangkat dari pemahaman tersebut, lanjut Odang, pihaknya menemukan konsep SQ yang belum ditemukan di pelatihan lain. Awalnya, karyawan Elnusa mengikuti ESQ yang diajarkan oleh Ary Ginanjar pada sekitar 3,5 tahun lalu melalui Elnusa Workover Service. Ternyata, kata Odang materi yang disampaikan sangat bagus. Kemudian, Odang mengusulkan agar seluruh karyawan Elnusa, mulai dari direksi hingga staf mengikuti ESQ.

Spiritualitas di sini bila ditilik lebih jauh berkenaan dengan kepentingan perusahaan dan lebih teknis lagi dalam konteks aliran kas ternyata  bertujuan untuk mencapai aliran kas perusahaan lebih tinggi dengan menetapkan ketentuan syari'ah (zakat) sebagai spirit seperti dilakukan PT. Elnusa. Setelah melalui masa-masa sulit selama lima tahun, PT. Elnusa seperti dikutip SWA (2007, 46) berhasil melakukanturnaround pada 2005 dan mencatat laba usaha tujuh puluh sembilan miliar rupiah atau melonjak 318% dibanding 2004 yang hanya sembilan belas miliar rupiah. Melalui efisiensi sepanjang tahun 2005 perusahaan telah membuktikan dapat meningkatkan labanya. Pada tahun 2009 perusahaan menargetkan peningkatan pendapatan hingga enam triliun rupiah. Penetapan angka enam triliun rupiah menurut Direktur Utama PT. Elnusa Rudi Radjab dengan ide memperbesar nilaizakat 2,5% kepada masyarakat:

Zakat 2,5% adalah tabungan akhirat untuk seluruh karyawan Elnusa. Karena itu, kami ingin memberi zakat double digit dari 2,5% yang ditetapkan... Dengan begitu keuntungan yang harus dicapai perusahaan adalah enam ratus miliar rupiah. Itu mimpi kami. Jika enam ratus miliar rupiah itu merupakan 10% dari revenuetotal revenue yang harus dicapai adalah enam triliun rupiah. Tabungan 2,5% itu menjadi dorongan yang kuat hingga ke karyawan lapisan bawah. Karyawan ikut termotivasi mencapai target itu karena mereka merasa bekerja untuk beribadah.


Spiritual Company seperti itu berdampak pada pertumbuhan bisnis sebesar  10-15% per tahun. Dari hanya empat karyawan pada saat didirikan, Internusa telah diperkuat empat ratus karyawan dengan duabelas cabang di seluruh Indonesia. Luar biasa. Tetapi, apakah seperti itu spiritualitas dalam perusahaan? Apakah spiritualitas hanya dijadikan alat untuk memperbesar keuntungan perusahaan? Simplistis sekali.


4. INTUISI SPIRITUAL: ANTITESIS SPIRITUAL COMPANY

Jadi sebenarnya, kepentingan spiritual company dan ESQ merupakan agenda menanamkan nilai-nilai spiritual karyawan dan seluruh potensi internal perusahaan untuk memperbesar keuntungan perusahaan. Caranya, dalam konteks ESQ misalnya adalah dengan melakukan kesadaran spiritual menangkap zakat dan nilai-nilaishadaqah Islam dengan ketundukan setiap pengelola perusahaan untuk memajukan dan membesarkan perusahaan. Mudahnya, zakat dan nilai-nilai kebaikan maupunshadaqah dalam Islam dijadikan alat untuk memperbesar keuntungan dalam perusahaan. Lebih konkrit lagi, mungkin dapat dikatakan spiritualitas Tuhan dijadikan alat untuk kepentingan perusahaan.

Spiritualitas dalam perusahaan seharusnya didekati dengan apa yang saya namakan dengan Intuisi Spiritual. Intuisi spiritual sebagai inti dari perusahaan menekankan pentingnya nilai-nilai spiritual, katakanlah Islam, sebagai tujuan awal, proses dan akhir dari setiap agenda berusaha (baik internal perusahaan, karyawan, maupun perusahaan). Nilai-nilai Islam bukan dijadikan alat untuk memperbesar perusahaan, tetapi nilai-nilai Islam dijadikan sebagai sumber inspirasi perusahaan, karyawan dan internal perusahaan untuk menggapai cita-cita Islam itu sendiri.

Secara konseptual, Intuisi spiritual bukan merupakan pendekatan seperti spiritual company, tetapi pendekatan keseimbangan pilihan bagaimana meraih nilai lebih atas materi berbentuk ekonomi, sosial dan lingkungan dalam lingkup nilai-nilai spiritual. Intuisi spiritual adalah alat bagi setiap individu dan organisasi untuk memberikan keseimbangan nilai lebih ekonomi, sosial dan lingkungan. Intuisi spiritual mengarahkan para individu dalam organisasi bahwa pencarian ma'isyahuntuk pencapaian nilai tambah tidak hanya dalam ukuran ekonomi, tetapi pencapaian nilai tambah juga berhubungan dengan ukuran sosial dan lingkungan. Aliran kas yang didapat dari penerapan intuisi spiritual bukan meletakkan aliran kas keutamaannya untuk penilaian nilai tambah dalam bentuk ekonomi, tetapi aliran kas sosial dan lingkungan juga merupakan nilai tambah itu sendiri, yang disebut barakah. Keseimbangan aliran kas di sisi ekonomi, sosial dan lingkungan dalam bentuk barakah merupakan pembagian atas nilai tambah yang didapatkan pada tiga titik tersebut dalam koridor utama, ketentuan syara'. Sekali lagi ditekankan di sini nilai-nilai Islam dan tujuan syari'ah bukan menjadi alat untuk menetapkan tujuan perusahaan, seperti digagas dalam spiritual company. Berikut digambarkan bentuk spiritualitas yang lebih baik dan lebih substansial sebagai awal, proses dan akhir dari seluruh aktivitas:

Gambar 2. Penerapan Nilai-nilai Spiritual dalam Intuisi Spiritual

Ujung penerapan intuisi spiritual mengarah pada akuntabilitas sekaligus apa yang disebut dengan  Rezeki yang Barakah. Rezeki yang Barakah merupakan konsep nilai tambah dari realitas transaksi bukan dalam konteks material bertambah saja, tetapi juga berkaitan dengan transaksi material yang mungkin berkurang secara lahiriah, tidak bisa terlihat langsung secara indrawi dan lahiriah namun terkadang bisa terasakan. Sesuatu yang dirasakan mempunyai nilai tambah padahal lahirnya tidak atau malah berkurang, dikatakan mempunyai barakah. Melakukan seuatu tanpa membaca basmalah secara lahir tidak berbeda dengan melakukannya dengan membaca basmalah, namun dengan basmalah ada nilai tambah yang tidak terlihat tapi terkadang terasakan. Karena barakah sifatnya batin, maka ciri-cirinya tidak semua bisa kita lihat dengan indera. Terkadang keberkahan bisa dirasakan, misal mendatangkan manfaat yang lebih dari pekerjaan yang dilakukan atau sesuatu yang dimiliki. Contohnya seorang yang mempunyai ilmu meskipun sedikit tapi bermanfaat bagi masyarakat, ini termasuk tanda-tanda ilmu tersebut diberkati. Demikian juga harta yang bisa dimanfaatkan untuk kemasalahatan merupakan tanda-tanda diberkahi. Ada harta yang meskipun jumlahnya banyak tapi tidak begitu berguna. Barakah juga tidak hanya bersifat materi dan non materi, tetapi juga bersifat sosial dan lingkungan.

 

5. CATATAN AKHIR

Mudahnya, intuisi spiritual menekankan pada satu hal, nilai-nilai spiritual harus menjadi substansi, bukan menjadi alat. Nilai-nilai spiritual menjadi tujuan awal, proses hingga tujuan akhir. Artinya, perusahaan adalah alat dilakukannya penyadaran pentingnya manusia sebagai makhluk Tuhan, berproses menjadi perusahaan yang dikerangka dalam spiritualitas Ketuhanan, untuk mencapai tujuan tertinggi dalam kesadaran, sebagai manusia yang selalu tunduk pada ketentuanNya (sebagai 'abd Allah) sekaligus lahan untuk menjalankan fungsi manusia sebagai wakilnya (khalifatullah fil ardh).

Aplikasi fungsi 'abd Allah adalah ketundukan menjalankan perusahaan sesuai ketentuan dan tujuan - katakanlah Islam. Perusahaan harus bebas dari hal-hal yang buruk, tidak sesuai karakter Islam, seperti produk harus halal misalnya, thoyib dan bebas riba. Aplikasi fungsi khalifatullah adalah kreasi menjalankan perusahaan untuk kepentingan diri perusahaan tapi tidak lupa dengan kepentingan sosial maupun lingkungan. Wallahualam bishawabBillahittaufiq wal hidayah.

22 komentar:

Anonim mengatakan...

Wanna Get HIGH? Running out of Supply? Then Check Out My Shit!
>>>>> http://bestlegalhighsdrugs.info <<<<
If you have questions, you can email my boy at online.mentor [at] gmail.com


[size=1] IGNORE THIS----------------------------
methamphetamine drug test aamnita uscaria [url=http://bestlegalhighsdrugs.info] legal herbs [/url] NE146 Bud alcohol drug testing [url=http://buybudshoplegalherbs.info] smoking legal herbs[/url] leegal uds salgia divinorun [url=HTTP://BUYINGMARIJUANASALE.INFO] Buy Marihuana [/url] Wizard Smoke pruning shrubs [url=HTTP://BUYLEGALBUDSCOMREVIEWS.INFO] legal buds [/url] meth addicts teeth ecstasy australia [url=HTTP://CANNABISHIGH-PILLSHIGH.INFO] Marijuana Effects[/url] are fly agaric mushrooms Ecstasy Party [url=HTTP://HOWTOBUYWEED-BUYINGWEED.INFO] how to buy Cannabis sativa[/url] buufo alvvarius ecsrasy pills [url=http://legalbud.drugreviews.info] legalbud [/url]

facts of shrooms buy salvia divinorum pennsylvania [url=http://legalweed.lamodalatina.com] legalweed [/url] salvoa diviinorum ammanita myscaria [url=http://buysalvia.lamodalatina.com] get salvia leaves[/url] How To Maintain Blue Salvia hispanic food recipes

how to take salvia divinorum human saliva [url=http://legalweed.lamodalatina.com] legalweeds [/url] buufo alvarijs how to make hash [url=http://buysalviacheap.com] get salvia[/url] lrgal bud ecstassy pill
[url=http://guaranteedheightincrease.info/]height improvement[/url] - http://guaranteedheightincrease.info/
height improvement - http://guaranteedheightincrease.info
[url=http://provenpenisenlargement.info/]proven penis growth[/url] - http://provenpenisenlargement.info/
proven penis enlargement - http://provenpenisenlargement.info/
[url=http://provenskincareadvice.info/]skin care techniques[/url] - http://provenskincareadvice.info/
skin care tips - http://provenskincareadvice.info/
[url=http://getrichgambling.info/]get rich gambling[/url] - http://getrichgambling.info/
get rich gambling - http://getrichgambling.info/
[url=http://herpesoutbreak-gentalwarts.info/]herpes outbreaks[/url] - http://herpesoutbreak-gentalwarts.info/
herpes outbreaks - http://herpesoutbreak-gentalwarts.info/
[url=http://STOP-PREMATURE-EJACULATION-SOLUTIONS.INFO]cure premature ejaculation[/url] - http://STOP-PREMATURE-EJACULATION-SOLUTIONS.INFO
stop premature ejaculation - http://STOP-PREMATURE-EJACULATION-SOLUTIONS.INFO
[url=http://3GMOBILEPHONESFORSALE.INFO]3g mobile phones for sale[/url] - http://3GMOBILEPHONESFORSALE.INFO
used mobile phone on sale - http://3GMOBILEPHONESFORSALE.INFO
[url=http://internationaloddities.reviewsdiscountsonline.com] internationaloddities scams[/url]
international oddities scams
[url=http://drobuds.reviewsdiscountsonline.com]reviews of dro buds [/url]
review of dro bud
[url=http://bestacnetreatmentreviews.info] best acne treatment reviews[/url] http://bestacnetreatmentreviews.info
acne treatment reviews http://bestacnetreatmentreviews.info
[url=HTTP://LEARN-HYPNOSIS-ONLINE.INFO]learn hypnotism online[/url]
learn hypnosis online

Anonim mengatakan...

[url=http://www.adidasforum.com/adidas-retro-kicks-come-with-a-retro-game/]Adidas Forum[/url]
Now here is a shoe-in for the list of the year's best gaming-related clothing : Adidas has brought back its ZX five hundred running shoe, and, since it originally comes from the '80s, the gaming inspired design and coloring is a simple choice ... Right? The kicks may not be the coolest part of the deal, either ; they come packed with a combination bracelet/USB flashdrive containing ZX Runner, a software game based primarily on ... The shoe itself.

GameCulture writes the game stars a personality named'DJ Zed' who, according to Adidas, has five mins to'run, moon-walk, climb walls, avoid some dodgy-looking bullies, collect power-ups, and pull off insane rooftop-to-rooftop stunts' to get on-stage before his set starts. It looks suitably retro -- see for yourself in the video we've included after the breakdance.

More info
Adidas Forum

Anonim mengatakan...

This might be a bit off-topic but I believe there are a lot of smokers here on www.blogger.com. I have recently decided to find a good manufacturer of e-cigarettes. I'm done with paying so much for normal cigarettes.A friend recommended [url=http://www.insanereleases.info/greensmokef.html]G Smoke[/url] According to their website this is how they described their product:
"Green Smoke offers supreme Electronic cigarettes with spendable cartridges that compose of the highest smoke volume in the industry. With a collection of flavors and nicotine levels, Green Smoke's™ patented technology offers convenience and exhibit performance that is unmatched. G Smoke products have been independently tested for safety."
I'm thinking of buying them. Anyone else have experience with this e-cigarette?

Anonim mengatakan...

transformers photos with megan fox, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187756]megan fox blanket[/url] megan fox amanda seyfriend
kim kardashians playboy shoot, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187768]kim kardashian sex tape watch[/url] kim kardashian swallows
taylor swift hot, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187772]taylor swift celebrity music[/url] lyrics to should've said no by taylor swift
nintendo ds - hannah montana, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187786]dress up hannah montana games[/url] free hannah montana game
harry potter 6, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187792]harry potter and the half blood prince final trailer[/url] cerberus harry potter
carnival cruise to alaska, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187798]learning to cruise sailing[/url] ship cruises from australia to germany
justin bieber 16th birthday, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187812]justin beiber saying peace out[/url] justin bieber concert tickets in florida
britney spears no underware, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187814]britney spears new song 3[/url] britney spears movie
megan fox blow job, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/175542]megan fox white dress[/url] megan fox sex games

Anonim mengatakan...

What's up

Watch latest movies for free:
http://www.freemoviez.biz

You will like it

Enjoy it

[URL=http://www.freemoviez.biz][IMG]http://static.thepiratebay.org/img/firefox-22.png[/IMG][/URL]

Anonim mengatakan...

whats up everyone


just signed up and wanted to say hello while I read through the posts


hopefully this is just what im looking for looks like i have a lot to read.

Anonim mengatakan...

if you guys exigency to grate [url=http://www.generic4you.com]viagra[/url] online you can do it at www.generic4you.com, the most trusted viagra pharmacopoeia argue for of generic drugs.
you can descry drugs like [url=http://www.generic4you.com/Sildenafil_Citrate_Viagra-p2.html]viagra[/url], [url=http://www.generic4you.com/Tadalafil-p1.html]cialis[/url], [url=http://www.generic4you.com/VardenafilLevitra-p3.html]levitra[/url] and more at www.rxpillsmd.net, the frequency [url=http://www.rxpillsmd.net]viagra[/url] dawn on the web. well another great [url=http://www.i-buy-viagra.com]viagra[/url] pharmacy you can find at www.i-buy-viagra.com

Anonim mengatakan...

[url=http://bejepewa.t35.com/news_71.html]casino online italian[/url] [url=http://bejepewa.t35.com/news_626.html]free casino games[/url] [url=http://bejepewa.t35.com/news_484.html]online gambling pictures[/url] [url=http://bejepewa.t35.com/news_640.html]2007 online gambling illegal on horseraces[/url] [url=http://bejepewa.t35.com/news_650.html]hard rock hotel casino[/url]

Anonim mengatakan...

[url=http://bewutore.t35.com/news_586.html]casino gambling information online[/url] [url=http://bewutore.t35.com/news_716.html]la vegas casino online[/url] [url=http://bewutore.t35.com/news_629.html]mgm hotel and casino[/url] [url=http://bewutore.t35.com/news_665.html]tax online gambling[/url] [url=http://bewutore.t35.com/news_68.html]online gambling updated daily no deposit[/url]

Anonim mengatakan...

Hi folks,

What online mags do you read and would recommend?

For all you punk folks out there I recommend The Enough Fanzine. It is one of the first rock ezines on the www.

They have throusands of reviews from the most underground bands all over the world. Check them out online: [url=http://www.enoughfanzine.com]Enough Fanzine[/url]. Best of it all, they are 100% non-profit and just helping the scene!

Looking forward to your recommendations.

Cheers!

Anonim mengatakan...

INSERT

Anonim mengatakan...

mboyrobes
BddOEGOMDELDds

We supply [url=http://www.woolrich-arctic-parka.org]Arctic Parka[/url] down jackets ,
[url=http://www.woolrich-arctic-parka.org]Click here to make[/url] to visit our website [url=http://www.woolrich-arctic-parka.org]woolrich-arctic-parka.org[/url] .
Here for you can find the best [url=http://www.woolrich-arctic-parka.org/woolrich-arctic-parka-women-c-2.html]Arctic Parka Woolrich[/url] .

Now to buy so [url=http://www.woolrich-arctic-parka.org/]pas cher woolrich jackets[/url]

Anonim mengatakan...

Thank you for sharing with us, I conceive this website truly stands out :D.

[url=http://srtisi.cfamedia.net]payday loans uk[/url]

payday loans uk

Anonim mengatakan...

turbulent leadership and loftiest crust overhauling cheap nike free run by cheapnikeshoesfree.blogspot.com competitive charge!
logical payment GHD NZ form ghd-hair-straighteners-nz.blogspot.com unmatched curse to!
We victual endorsed GHD hair straighteners form ghdhairstraighteners-nz.blogspot.com online bank!
people all during the course of and beyond cheap nike shoes cheapnikefreerun-shoes.blogspot.com people at mete to!
All items are on on purchasing burberry outlet on burberry-outlet-online2013.blogspot.com our shoes decampment at this bleeding proper to!

Anonim mengatakan...

Having no education, being stuck at home and not really allowed to express their views outside, it was, in fact, difficult to expect contribution from them. [url=http://www.michaelkorsehandbags.com]michael kors outlet online[/url]
[url=http://www.uggbootonlinesale.co.uk]http://www.uggbootonlinesale.co.uk[/url] ppjwvas lduxnce [url=http://www.michaelkorshangbagsshop.com]michael kors handbags[/url] vyvjjml [url=http://www.uggssnowbootssale.com]uggs outlet[/url] yhuzser
zkhqnyg [url=http://www.beatsbydresoutletsa.com]cheap dre beats[/url]

Anonim mengatakan...

In the past few years, Stephen has turned his attention to novel writing. [url=http://www.michaelkorsehandbags.com]http://www.michaelkorsehandbags.com[/url]
http://www.uggbootonlinesale.co.uk ykfspat duoufba [url=http://www.michaelkorshangbagsshop.com]michael kors bag[/url] dywdcub [url=http://www.uggssnowbootssale.com]ugg sale[/url] nrjsrmx
zepvrld [url=http://www.beatsbydresoutletsa.com]beats by dre cheap[/url]

Anonim mengatakan...

You can also get free latitude and longitude coordinates from the topographical map and set your GPS. [url=http://www.michaelkorsehandbags.com]discount michael kors bags[/url]
http://www.uggbootonlinesale.co.uk yfskwom ryyfjlf [url=http://www.michaelkorshangbagsshop.com]michael kors outlet online[/url] drtuktf [url=http://www.uggssnowbootssale.com]uggs for sale[/url] werzrqt
xvmmfhk [url=http://www.beatsbydresoutletsa.com]cheap dre beats[/url]

Anonim mengatakan...

Cut dough into 12 x 12cm rounds. [url=http://www.vanessabrunosacshop.com]vanessa bruno athe[/url] Latest cricket scores gives cricket fans a close view of game so that they may visualize the prospect of winning their favorite team. [url=http://www.wintercanadagoose.com]canada goose online[/url] Lbbqqielh
[url=http://www.mulberryinoutlet.co.uk]Mulberry Alexa[/url] Jlbwjlvcw [url=http://www.canadagooseparkaca.ca]canada goose chilliwack[/url] ogjvrgmcb

Anonim mengatakan...

Maybe I've been lucky.. [url=http://www.vanessabrunosacshop.com]vanessa bruno cuir[/url] Here is a summary of some of the nutritional benefits of eating broccoli:. [url=http://www.wintercanadagoose.com]http://www.wintercanadagoose.com[/url] Pjmixzwai
[url=http://www.mulberryinoutlet.co.uk]Mulberry Brirfcase[/url] Mpidkftld [url=http://www.canadagooseparkaca.ca]canada goose jacket sale[/url] seqixrtwp

Anonim mengatakan...

If you have any concerns about your own health or the health of your child, you should always consult with a physician or other healthcare professional. [url=http://www.vanessabrunosacshop.com]cabas vanessa bruno soldes[/url] You are right to feel this way and your instincts are correct. [url=http://www.wintercanadagoose.com]canada goose[/url] Vfywprxsd
[url=http://www.mulberryinoutlet.co.uk]Mulberry outlet[/url] Ophikzktf [url=http://www.canadagooseparkaca.ca]canada goose toronto factory[/url] kzckbpnfj

Anonim mengatakan...

She once picked a verbal celebrity catfight by imitating Sharon Stone in an amusing Saturday Night Live and also earned pop culture kudos with a cameo as Dixie Normous alongside Tom Cruise in Austin Powers in Goldmember. [url=http://www.vanessabrunosacshop.com]vanessa bruno[/url] We became "present" because of I wonder what might underpin/ emerge from the similar theme of "connected experience". [url=http://www.wintercanadagoose.com]canada goose chilliwack[/url] Etnirstgg
[url=http://www.mulberryinoutlet.co.uk]Mulberry Brirfcase[/url] Cwvrdemzg [url=http://www.canadagooseparkaca.ca]canada goose online[/url] tzsevxdup

Anonim mengatakan...

Nonetheless, there are some essential factors that need considering before making any
selection. There is no time to be preoccupied by a missed call on an unattended phone.
These chips directly convert electricity
to light without the use of a filament or glass bulb.


My page Deckenleuchten